Kejar Target Operasi Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung

25/06/2019

Highway

Palembang – Pembangunan rus tol Terbanggi Besar-Kayu Agung di Trans Sumatera telah memasuki tahapan akhir dan dipastikan resmi beroperasi pada Agustus 2019. Project Manager PT Hutama Karya (Persero) Hasan Turcahyo menyampaikan jalan tol sepanjang 185 km ini rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo pada 17 Agustus 2019, atau bertepatan pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74.

“Progress sekarang sudah selesai kan jalannya, tinggal melakukan beberapa penyempurnaan saja sehingga Agustus nanti bisa resmi beroperasi,” kata Hasan

Hasan mengatakan penyempurnaan yang sedang dikebut diantaranya, pemasangan pembatasan jalan (gate rail), rambu-rambu dan marka jalan. Selain itu, perusahaan juga sedang menyelesaikan pembangunan tempat istirahat (rest area) di sepanjang jalan tol tersebut.

Diketahui, ruas tol Terbanggi Besar—Kayu Agung terdiri dari dua seksi, yakni Terbanggi Besar—Pematang Panggang sepanjang 100 km dan Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 85 km. Ruas tersebut merupakan lanjutan dari tol Trans Sumatra yang dimulai dari Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 142 km yang lebih dulu operasional.

Hasan mengatakan jika tol Terbanggi Besar-Kayu Agung resmi beroperasi maka dapat memangkas waktu tempuh Lampung-Palembang dari semula bisa 8-10 jam menjadi 3-4 jam saja.