Hutama Karya Menangkan Tender Proyek Tol IKN Senilai Rp3,47 Triliun

PT Hutama Karya (Persero) atau Hutama Karya mendapatkan kepercayaan sebagai kontraktor yang ditunjuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menggarap pembangunan Jalan Tol Karangjoang-KKT Kariangau di Balikpapan, Kalimantan Timur yang menjadi akses Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Penunjukkan ini dilakukan setelah Kementerian PUPR melaksanakan tender proyek Tol Karangjoang-KKT Kariangau IKN yang dimana Berdasarkan laporan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR disebutkan bahwa PT Hutama Karya (Persero) terpilih sebagai pemenang tender proyek strategis nasional (PSN) tersebut yang diikuti sebanyak 132 peserta.

Pelaksanaan tender tersebut diikuti sebanyak 132 peserta yang di dalamnya terdapat sejumlah BUMN Karya yang juga turut menjadi peserta di antaranya adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Nindya Karya (Persero). Adapun peserta di luar perusahaan negara yang di dominasi perusahaan konstruksi swasta.

Mengutip dari LPSE Kementerian PUPR, Nilai pagu paket proyek Tol Tol Karangjoang-KKT Kariangau IKN mencapai Rp 3,47 triliun. Sedangkan, harga penawaran Hutama Karya adalah sebesar Rp 3,33 triliun. Adapun anggaran proyek tersebut yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2022.

Meski Hutama Karya terpilih sebagai pemenang, penekanan kontrak dengan Kementerian PUPR dan pihak terkait nampaknya belum dilakukan. Padahal, bila melihat dari jadwal yang telah dibuat Kementerian PUPR, tender tersebut seharusnya memasuki masa penandatanganan kontrak pada Senin (5/9/2022).