Dukung LRT di Palembang, PGN Relokasi Pipa Gas Bumi

01/11/2016

Tidak berkategori

 JAKARTA - PT PGN (Persero) Tbk. merelokasi sejumlah pipa gas bumi di Palembang, Sumatra Selatan untuk mendukung proyek pembangunan kereta ringan (light rail transit/LRT) di kota tersebut.

"Beberapa ruas pipa gas bumi PGN harus dipindahkan karena akan digunakan untuk jalur LRT Palembang," kata Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup dalam rilis di Jakarta, Senin (31/10/2016).

Ruas pipa gas yang dipindah secara bertahap yakni di Simpang Jalan Anwar Sastro, Jalan Angkatan 45, dan Simpang Polda.

Menurut dia, setiap hari tim lapangan PGN berkoordinasi dengan tim PT Waskita Karya (Persero), untuk memastikan letak pipa gas bumi aman dilakukan pekerjaan secara paralel dengan konstruksi tiang pancang LRT.

"Ditargetkan seluruh pekerjaan akan selesai dalam 1-2 hari ini. Setelah itu Waskita bisa bekerja bebas dan mempercepat penyelesaian proyek LRT Palembang," ujar Heri.

LRT tersebut tengah dikebut pengerjaannya agar bisa selesai sebelum pesta olah raga empat tahunan Asian Games 2018 yang salah satu tuan rumahnya adalah Palembang, selain DKI Jakarta.

Selain relokasi, Sales Area Head PGN Palembang Makmuri menambahkan saat ini, pihaknya sedang aktif memperluas infrastruktur jaringan pipa gas bumi di Palembang. 

Dalam waktu dekat, menurut dia, ada 15 industri siap menikmati pasokan gas bumi dari PGN. "Dalam waktu tak lama lagi, sekitar 15 industri di Palembang siap menikmati gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan dari PGN," ucapnya.

Makmuri mengatakan selain industri, ada sekitar 1.500 rumah tangga yang mendapat pasokan gas bumi PGN. "Untuk rumah tangga tahun ini sebanyak 1.009 rumah sudah dipasangi pipa gas dan lagi dipasang sekitar 500 rumah lainnya," imbuhnya.