Bangun 148 Jembatan Gantung, Jokowi Siapkan Dana Rp 710 M

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merencanakan pembangunan jembatan gantung sebanyak 148 unit, pembangunan jembatan gantung ini akan tersebar di seluruh Indonesia dengan anggaran sebesar Rp 710 Miliar. 

Jembatan gantung ini akan sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat, hal ini dikarenakan kondisi wilayah Indonesia yang memiliki banyak pegunungan, sungai dan lembah. Kondisi ini sering menjadi pemisah antara lokasi kediaman penduduk dengan berbagai fasilitas layanan publik lainnya. 

"Hadirnya jembatan ini akan mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, menyelesaikan urusan administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kementerian PUPR melalui Dirjen Bina Marga telah membangun 140 unit jembatan gantung pada tahun 2019 di berbagai pelosok tanah air dengan menghabiskan dana sebesar Rp 608,69 miliar. 

Dari tahun 2015-2018, Kementerian PUPR tercatat telah membantu pemerintah daerah dalam membangun 300 unit jembatan gantung. Dengan rincian : 

  • Tahun 2015 dibangun sebanyak 10 unit sepanjang 774 meter dengan jumlah anggaran sebesar Rp 210,57 miliar. 
  • Tahun 2016 tercatat sebanyak 7 unit sepanjang 720 meter dengan anggaran sebesar Rp 19,3 miiliar. 
  • Tahun 2017 dibangun sebanyak 13 unit sepanjang 814 meter dengan anggaran sebesar Rp 38,38 miliar.
  • Tahun 2018, 130 unit jembatan sepanjang 9.290 meter rampung dibangun dengan anggaran sebesar Rp 530,43 miliar.

Pemilihan dan penggunaan material serta teknologi yang berkualitas untuk pembangunan jembatan gantung telah dirancang secara matang dan menggunakan produk lokal buatan Indonesia. 

Perencanaan pembangunan jembatan gantung ini merupakan usul dari Pemerintah Daerah (Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota) setempat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), TNI, dan DPRD yang diajukan kepada Kementerian PUPR dengan mempertimbangkan kondisi geografi, sosial, ekonomi, potensi wilayah, dan kesesuaian lokasi, manfaat serta urgensi pembangunan jembatan. 

Manfaat jembatan gantung yang telah dibangun sudah dirasakan oleh masyarakat. Selain menjadi akses penghubung antardesa, jembatan gantung juga menggerakan potensi ekonomi perdesaan sebagai objek wisata. 

Sumber: sispro.co.id