Bandara Juanda Optimalkan Penggunaan Terminal 1 Untuk Penerbangan Domestik

Jakarta -  Dalam mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) sekaligus langkah pengoptimalan penggunaan T1, penerbangan domestik Bandara Juanda Surabaya dipindahkan dari terminal 2 (T2) ke terminal 1 (T1). Pemindahan terhitung mulai Rabu (22/4/2020).

Kemudian, efisiensi kegiatan operasional T2 di tengah menurunnya trafik penumpang menjadi salah satu tujuan pemndahan penerbangan ini.

Adapun beberapa penerbangan domestik yang akan dipindahkan sementara dari T2 ke T1 Bandara Juanda Surabaya yaitu penerbangan domestik oleh maskapai Garuda Indonesia dan AirAsia.

 

"Pemindahan sementara ini merupakan upaya lanjutan untuk mencegah penyebaran COVID-19 sekaligus upaya efisiensi di tengah menurunnya trafik penumpang akibat pandemi COVID-19 dengan tetap memperhatikan prinsip keselamatan, keamanan, pelayanan, dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku," ucap Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi

Pada situasi COVID-19 ini, penerbangan yang melayani kepulangan dari pekerja migran Indonesia masih tetap dilayani termasuk penerbangan internasional.

Adapun penerbangan domestik Garuda Indonesia yang dipindahkan dari T2 ke T1 yaitu penerbangan dengan rute dari dan menuju Jakarta, Semarang, Lombok, Denpasar, Kupang, Makassar, dan Bandung dengan jumlah penerbangan harian sekitar 9-20 penerbangan (keberangkatan dan kedatangan) per hari bergantung pada tingkat keterisian pesawat.

Perihal perpindahan sementara rencananya akan dilakukan hingga September. Jika kondisi memungkinkan untuk kembali operasional, maka penerbangan domestik maskapai Garuda Indonesia dan AirAsia akan kembali ke T2.

Sumber: sispro.co.id