189,2 Km Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Siap Diresmikan Presiden Jokowi Besok

14/11/2019

Highway

Jakarta - Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan jalan tol Trans Sumatra ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung besok, Jumat (15/11/2019). Jalan tol yang memiliki panjang 189,2 km ini akan menjadi jalan tol terpanjang yang saat ini dimiliki oleh Indonesia dan menjadi ruas kedua dari bagian panjang Tol Trans Sumatera setelah ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah beroperasi.

Presiden Jokowi direncanakan bakal melakukan peresmian di Gerbang Tol (GT) Simpang Pematang KM 240, Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji, Lampung. Serta dilakukan pada jam 15.00 WIB.  Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung terbagi menjadi dua seksi. Seksi pertama ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang memiliki panjang 112 km. Sementara seksi kedua ruas Pematang Panggang-Kayu Agung mencapai 77 km.

Hal ini juga telah dipastikan oleh Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo yang menyatakan besok Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan peresmian ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung setelah sholat Jumat.

"Betul, Jumat besok Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung akan diresmikan Pak Jokowi," ujar Bintang

Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang telah melalui uji laik fungsi yang dilaksanakan pada 2-3 Mei 2019 di Km 140-Km 194. Kemudian dilanjutkan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Km 194-Km 330 pada 14-15 Agustus 2019. Proses uji laik fungsi meliputi evaluasi aspek keselamatan dan manajemen lalu lintas, evaluasi aspek sarana jalan, jembatan dan bangunan pelengkap serta evaluasi aspek administrasi dan operasi.