WIKA Sukses Ekspor 50.000 Ton Aspal Buton Ke Tiongkok

Jakarta – PT Wijaya Karya Aspal (WIKA Aspal) selaku anak usaha dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sukses mengekspor Buton Rock Asphalt (BRA) sejumlah 50.000 metrik ton (MT) ke salah satu perusahaan di Tiongkok.

Direktur Utama PT WIKA Bitumen, Bambang Dwi Wijayanto menyampaikan saat ini pihaknya telah merampungkan pemuatan barang yang dilakukan sejak Selasa (29/9) sampai dengan Senin (5/10) hari ini. Selain itu, terkait perizinan ekspor telah melalui aturan serta kebijakan dari beberapa instansi terkait, seperti Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (KUPP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea Cukai serta Imigrasi.

Bambang menyampaikan ekspor aspal buton ini merupakan bagian dari strategi operasi perusahaan dalam memperluas pasar di luar negeri, khususnya di Asia.

“Pengiriman ekspor BRA ke China dengan kontrak senilai Rp 22 miliar merupakan bagian dari strategi operasi WIKA Aspal dalam melebarkan pasar ke luar negeri khususnya Asia,"jelas Bambang

Ia juga menambahkan terkait komoditi aspal buton sendiri akan dapat mencukupi kebutuhan domestic maupun luar negeri. Ia optimis produk yang dikelola perusahaan nya merupakan aspal dengan kualitas unggulan yang berbeda dari produk-produk dari negara lainnya.

“Dengan semangat kinerja yang tinggi untuk membangun negeri dan didukung potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang mumpuni, kami yakin produk aspal buton nasional akan menjadi ‘primadona’ di negeri sendiri,”tambah Bambang

Buton Rock Asphalt atau aspal buton ini sendiri merupakan produk murni yang dihasilkan oleh tambang di wilayah Kabungka, Sulawesi Tenggara yang telah dikelola oleh WIKA Aspal sejak 2019 lalu.

Sumber: sispro.co.id