Standar keselamatan yang sering diabaikan ketika memasang Lampu Tabung LED

Jakarta, Indonesia – Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, baru-baru ini mengangkat standar keselamatan sederhana yang cenderung diabaikan oleh para professional, melalui studi yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian tersebut menemukan bahwa standar yang sering diabaikan ini terkait dengan lampu tabung LED (TLED) yang dipilih oleh 38% pemasang lampu profesional di Indonesia. Lampu tabung LED yang paling umum digunakan memiliki ujung ganda, yang awalnya dibuat untuk lebih memudahkan pemasangan. Namun, lampu tabung LED berujung ganda ini berpotensi membahayakan pemasang. 

“Meskipun tidak semua lampu tabung LED ujung ganda berbahaya, banyak produk yang kurang aman telah memasuki pasar Indonesia, dan bisa membahayakan para pemasangnya. Lampu tabung LED ujung tunggal merupakan alternatif yang lebih aman,” komentar Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia.

Ada dua metode sistem pengkabelan yang lazim digunakan dalam pemasangan lampu tabung LED, yaitu input berujung tunggal atau input berujung ganda. Input berujung tunggal hanya membutuhkan arus listrik dari satu sisi lampu sedangkan input berujung ganda memerlukan arus listrik yang dialirkan ke kedua sisi lampu. Lampu tabung LED ujung ganda memiliki risiko ketika salah satu ujung lampu telah terpasang di rumah lampu (reng), yaitu kemungkinan tersengat listrik ketika seseorang secara tidak sengaja menyentuh ujung lampu yang lain. Hal ini tidak akan pernah terjadi jika menggunakan input berujung tunggal karena arus listrik hanya berasal dari satu sisi lampu tabung LED saja.   

Idealnya luminer dirancang untuk memastikan keselamatan ketika dipasang dan dihubungkan dengan kabel sebagaimana lazimnya, dan ketika dilepas seperlunya untuk penggantian. Input berujung tunggal juga akan menjaga keselamatan para pekerja ketika mereka secara tidak sengaja memasang lampu tabung LED di ujung yang salah. Sekeringnya akan menolak, lampu tidak akan menyala tetapi tidak rusak, dan karena itu mencegah pemasang tersengat listrik.

Apakah lampu tabung LED berujung ganda benar-benar berbahaya?

Lampu tabung LED berujung ganda memiliki risiko lebih kecil jika terdapat pin pengaman, sehingga tidak ada sambungan listrik di antara kedua sisi lampu tabung LED tersebut, seperti diilustrasikan di bawah ini:

 

Sayangnya, tidak semua produk lampu tabung LED memenuhi tindakan keselamatan ini, dan produk-produk yang kurang aman ini dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Sekitar 70% pemasang lampu profesional di Indonesia telah merasakan pengalaman buruk dengan produk pencahayaan berkualitas rendah. Di bawah ini adalah ilustrasi pada lampu tabung LED berujung ganda yang tidak aman:

 

“Para profesional perlu memahami bahwa mereka memainkan peranan penting dalam proses pencahayaan dan mereka memiliki kesempatan untuk megambil inisiatif dalam mengedukasi para klien. Termasuk edukasi tentang input pengkabelan lampu tabung LED ujung tunggal yang lebih aman daripada yang berujung ganda – sesuatu yang kurang dikenal di Indonesia dan kebanyakan diabaikan,” Rami menegaskan. “Kita tidak perlu contoh pengalaman buruk lain lagi untuk menekankan betapa perlunya lampu tabung LED berkualitas tinggi, di tengah banjirnya lampu tabung LED berkualitas rendah di Indonesia.”  

Manfaat menggunakan Lampu Tabung LED

Para profesional lebih tertarik menggunakan lampu tabung LED daripada bohlam LED karena lebih efisien, lampu tabung LED menghemat energi hingga 50% dibandingkan sistem pijar (fluorescent) konvensional. Lampu tabung LED juga memiliki ketahanan masa pakai lebih dari 15.000 jam. Selain itu, kualitas pencahayaan lampu tabung LED sangat mirip dengan sinar matahari alami. Pencahayaan yang tepat dapat memiliki efek luar biasa untuk meningkatkan fokus dan produktivitas, memberikan penerangan sempurna untuk aplikasi komersil di kantor, lahan parkir, garasi, supermarket dan masih banyak lainnya.  

Lampu tabung Philips LED membuat hidup lebih aman dan lebih mudah:

  1. Lampu tabung Philips LED memiliki fitur InstantFit yang bekerja dengan pengimbang (ballast) elektronik berfrekuensi tinggi, sehingga mudah dan aman untuk semua metode pemasangan. Yang harus Anda lakukan hanyalah memasukkan tabung ke dalam fitting yang sudah ada.
  2. Produk Philips memungkinkan pemasang lampu profesional untuk menyentuh tutup ujung yang lain dengan aman saat memasang tabung. Driver yang terintegrasi juga terisolir dengan aman dari bagian yang dapat dipegang.
  3. Lampu tabung Philips LED mematuhi semua persyaratan keselamatan pin UL dan IEC.
  4. Lampu tabung Philips LED memiliki tutup ujung yang dapat diputar yang memungkinkan pemasang untuk memutar tabung hingga 90 derajat. Ini akan memungkinkan pemasang untuk mengarahkan lampu agar mendapatkan efek terbaik.

Di Signify, tujuan kami adalah menyediakan produk terbaik dan selalu dapat diandalkan oleh pemasang lampu profesional. Lebih dari separuh profesional di Indonesia (58%) memilih produk lampu Philips daripada yang lain, sedangkan para profesional skala global menilai merek lampu Philips lebih tinggi (62%). Kami melindungi reputasi para pemasang lampu professional dengan memastikan bahwa lampu tabung Philips LED kami memenuhi persyaratan dengan sempurna, termasuk jenis input kabel berujung tunggal. Lihat portfolio lengkap kami untuk Pencahayaan Professionals – menawarkan generasi baru lampu tabung LED yang hemat energi.