Satu Lagi Ruas Tol di Trans Sumatera Siap Beroperasi

29/06/2020

Jalan Tol

Jakarta – Percepatan pembangunan pada ruas tol Trans Sumatera menjadi salah satu prioritas yang tengah dijalankan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan jalan tol Banda Aceh-Sigli  yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera, siap beroperasi pada akhir bulan Juni 2020.

"Banda Aceh-Sigli juga sudah selesai tinggal peresmian saja, akhir Juni bisa dioperasikan,” kata Menteri Basuki

Kepastian beroperasi dari ruas tol ini didapatkan setelah ruas tol Banda Aceh-Sigli mendapatkan Sertifikat Layak Operasi (SLO) yang diperoleh oleh PT Hutama Karya (Persero) selaku operator jalan tol pertama di Aceh ini. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Tbk, Budi Harto.

"Sertifikat Layak Operasi (SLO) sudah diterbitkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kami tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) pengoperasiannya”kata Budi Harto

Ruas tol Banda Aceh-Sigli yang akan diresmikan adalah seksi IV dengan total panjang 14 km dengan menghubungkan kawasan Indrapuri dan Blang Bintang. Pada saat ini progres konstruksi pada seksi IV sudah rampung, sementara untuk keseluruhan ruas tol Banda Aceh-Sigli baru mencapai progres 37% dan pembebasan lahan 66% dari total panjang 74 km.

Selain ruas tol Banda Aceh-Sigli, Menteri Basuki juga menyampaikan ruas tol Pekanbaru-Dumai juga akan segera diresmikan dalam waktu dekat.

"Sebentar lagi Pekanbaru-Dumai sudah siap diresmikan 133 km. Tol itu sekarang sedang uji laik untuk diresmikan pengoperasiannya,"jelas Menteri Basuki.

Sumber: sispro.co.id