Rencana Pemerintah Bangun Bandara Sukabumi

Sukabumi – Pemerintah berencana untuk kembali membangun bandara di wilayah Jawa Barat, tepatnya di wilayah Sukabumi yang ditargetkan rampung pada tahun 2022 nanti. Bandara Sukabumi ini nantinya akan terletak di Kecamatan Cikembar serta di proyeksikan bakal telan dana sebesar Rp 400 miliar. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa tim dari Kementerian Perhubungan masih dalam tahap koordinasi dengan Pemprov Jawa Barat terkait dengan pembangunan bandara ini.

“Saya bicara dengan Pak Gubernur (PJ. M Iriawan), kemarin gubernur baru ke Cikembar. Melihat lokasinya, pemerintah daerah akan membebaskan lahan pembangunan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan,” jelas Menteri Budi

Sementara itu, Pejabat Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan berharap pembangunan Bandara Sukabumi ini dapat segera direalisasikan, hal ini dikarenakan adanya Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark yang sudah diakui oleh Unesco dalam tempat wisata pilihan. Oleh karena itu di perlukan moda transportasi untuk mendukung hal tersebut.

“Jalan akses menuju Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark sudah mulus sesuai harapan. Saya berharap ada percepatan dalam pembangunan Bandara Sukabumi, kemarin saya lihat langsung lahannya di wilayah Cikembar, ini bisa memancing lebih banyak wisatawan,” kata Iriawan

Pembangunan Bandara Sukabumi ini menjadi usulan Pemerintah Daerah Jawa Barat kepada Pemerintah Pusat guna mendukung konektivitas antar daerah, juga untuk mendukung tempat wisata dan peningkatan ekonomi di sekitar wilayah Bandara Sukabumi ini.