Presiden Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soetta

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian dari pembangunan empat fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Jakarta pada Kamis (24/1). Salah satu fasilitas tersebut adalah landasan pacu atau runway 3 dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut, peresmian tersebut ditandai dengan penekanan sirene.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim dengan memohon ridho dan rahmat Allah SWT. Pada sore hari ini saya resmikan runway 3, east cross connection taxiway, Terminal 3, dan gedung VIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta, terima kasih,"kata Presiden Jokowi, dikutip dari detik.com

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung, Menteri ATR Sofyan Djalil, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menyampaikan untuk beberapa fasilitas di Bandara Soetta ini sudah dioperasikan terlebih dahulu, seperti halnya Terminal 3, Runway 3, dan east connection taxiway. Sedangkan untuk gedung dari VIP baru akan dioperasikan setelah peresmian ini.

"Runway 3 adalah yang dibangun baru dengan tujuan untuk memperlancar dan meningkatkan kapasitas penerbangan dan mendukung keselamatan penerbangan,"jelas Menteri Budi Karya

PT Angkasa Pura II (Persero) menjelaskan landasan pacu ke 3 dari Bandara Soetta ini telah beroperasi dan melayani penerbangan sejak akhir tahun 2019. Runway ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat padat di bandara tersebut. Runway dengan ukuran 3.000x60 meter ini dapat meningkatkan pergerakan pesawat di Bandara Soetta dari 81 pergerakan pesawat per jam menjadi 114 pergerakan pesawat per jam, baik lepas landas maupun pendaratan.

Bersamaan dengan pembangunan runway 3 Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II (Persero) juga telah membangun east connection taxiway yang menghubungkan antara runway selatan dengan runway utara dengan pengurangan waktu pergerakan menjadi hanya 7 menit dari awalnya 30 menit. Dalam penambahan fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta ini ditujukan untuk meningkatkan kecepatan pelayanan dan juga peningkatan keselamatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Sumber: sispro.co.id