Presiden Jokowi Resmikan Kereta Bandara Pagi Ini

Jakarta – Pengoperasian KA Bandara Soekarno – Hatta telah diresmikan sepenuhnya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pukul 9 pagi tadi (2/1/2018). Presiden yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta Direksi PT. Railink dalam meresmikan kereta bandara ini.

“Dengan mengucapkan bismillah, pagi ini saya meresmikan pengoperasian kereta bandara Soekarno-Hatta,” kata Jokowi.

Sebelumnya kereta bandara ini sudah dilakukan uji coba sejak 26 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018 kemarin, dengan memberlakukan tiket promo sebesar Rp 30.000 per penumpang. Namun setelah diresmikan hari ini, tiket kereta bandara tersebut dipatok dengan harga Rp 70.000 sampai Rp 77.000.

Kereta bandara ini nantinya akan terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dan mempunyai total angkut sebanyak 272 penumpang serta dengan estimasi waktu tempuh selama 54 menit.

Pada awal masa pengoperasiannya, kereta bandara ini tidak langsung berangkat dari Stasiun Manggarai dikarenakan stasiun tersebut masih dalam proses konstruksi.

Selain itu guna mendukung pengoperasian penuh dari KA Bandara Soekarno – Hatta ini, telah dilakukan berbagai pekerjaan seperti pembangunan jalan rel dan jembatan, pekerjaan persinyalan dan telekomunikasi, pembangunan gardu listrik aliran atas, serta pembangunan Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Untuk fasilitas Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Soekarno-Hatta sendiri dilengkapi dengan fasilitas disabilitas seperti ramp, guiding block, lift, dan juga eskalator. Selain itu dilengkapi pula dengan vending machine, tapping gate, commercial area, toilet maupun mushola. Khusus di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta juga dilengkapi public hall dan waiting lounge.

Dengan peresmian dari KA Bandara Soekarno-Hatta ini akan mempermudah masyarakat dalam berpergian menggunakan moda transportasi massal, dan juga diharapkan berkurangnya kemacetan di Ibu Kota.

Sumber: detik.com