Presiden Jokowi Bakal Resmikan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Bulan Ini

09/08/2019

Jalan Tol

Jakarta – Pekerjaan konstruksi Jalan Tol Trans Sumatera terus dikebut, salah satunya adalah ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang rencananya akan diresmikan dan mulai operasi pada pertengahan bulan ini. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo yang menyatakan kehadiran tol ini menjadi lanjutan dari Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah beroperasi sejak Maret lalu.

"Untuk ruas sepanjang 185 kilometer ini direncanakan akan diresmikan langsung oleh Presiden pada bulan Agustus 2019 dan siap beroperasi," kata Bintang

Berdasarkan data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini terbagi menjadi 2 seksi, yakni Seksi 1 Terbanggi Besar-Pematang Panggang(112,2 km) dan Seksi 2 Pematang Panggang-Kayu Agung (77 km). Dan saat ini untuk progres pengerjaan konstruksinya sudah mencapai 94,18%.

Selain itu, Bintang menambahkan PT Hutama Karya masih melakukan proses sisa pekerjaan konstruksi untuk di ruas Kayu Agung-Betung sepanjang 33 km yang nantinya akan tersambung ke ruas Palembang-Indralaya.

"Ketika keseluruhan ruas tersebut tersambung, maka dapat dipastikan Lampung-Palembang akan mulus akhir tahun ini, Dengan demikian, selama 4,5 tahun terakhir ini Hutama Karya telah menyelesaikan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang kurang lebih 470 km." jelas Bintang