Permudah Akses Ke Bandara Kulon Progo, Pemerintah Bangun Kereta Menuju Bandara

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menargetkan pembangunan kereta bandara menuju Bandara Internasional Yogyakarta dapat selesai dan digunakan pada tahun 2021. Sebelumnya kereta menuju Bandara Kulon Progo ini sudah ada, namun rute yang ditempuhnya hanya sampai Stasiun Wajo atau hanya 6 km dari bandara. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Angkutan dan Lalu Lintas Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Danto Ristiawan.

“Ada jalur KA ke Bandara Kulon Progo ini akan jadi jalur baru, nantinya jalur kereta yg akan dibantu dari stasiun Wojo, Puworejo sampai menuju ke dalam kawasan Bandara Kulon Progo. Jalurnya sepanjang 5,7 km dan akan masuk bandara dari Stasiun Wajo,” kata Danto

Danto menambahkan nantinya rel tersebut berbentuk campuran antara rel layang dengan rel yang menapak datar. Jalur sepanjang 5 km akan dibangun melayang, sedangkan 0,75 km sisanya dibangun menapak datar. Pembangunan jalur tersebut akan dilakukan selama dua tahun. Targetnya pada 2021 jalur tersebut sudah bisa digunakan.

“Nanti akan di mix 5 km elevated, 750 m sisanya at grid, pengerjaannya 2019-2020, 2021 operasi," kata Danto.

Sementara itu, menurut Danto ke depan Stasiun Wojo akan ditingkatkan kapasitasnya, karena stasiun ini merupakan stasiun terdekat dari Bandara Internasional Yogyakarta. Bandara ini juga akan menjadi koneksi utama antara Kereta Bandara dengan Bus Damri.

"Peningkatan Stasiun Wojo, karena stasiun ini akan digunakan sebagai koneksi ke bus Damri. Disana akan ada perluasan parkir, bangunan stasiun, sampai peron. Nantinya dalam 5,7 km waktu tempuhnya 10 menit," pungkasnya.