Bandara Sam Ratulangi Bakal Diperluas, Kelar Agustus 2020

05/07/2019

Agenda Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan perluasan Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara agar mampu menampung penumpang lebih banyak lagi. Perluasan Bandara Sam Ratulangi itu diperkirakan akan dapat melayani hingga enam juta penumpang per tahun dari yang sebelumnya berada pada kisaran 2,5 juta orang per tahun.

"Pertama, terminal di sini kita lihat memang sudah tidak mencukupi lagi apabila yang ingin datang (turis) kita terima semua. Kedua, runway-nya juga masih kurang panjang apabila pesawat berbadan lebar ingin turun di Manado, September ini dimulai pengembangan bandara, Agustus 2020 sudah rampung" kata Presiden Jokowi

Saat ini Bandara Sam Ratulangi memiliki landas pacu sepanjang 2.650 m x 45 m dan nantinga akan diperpanjang menjadi 2.800 m. Sedangkan luas terminalnya saat ini 26 ribu meter persegi dengan kapasitas 2,5 juta penumpang per tahun.

"Dengan pengembangan ini nanti luas terminal penumpang totalnya menjadi 56.000 meter persegi yang bisa mengangkut kurang lebih 6 juta penumpang,” jelas Presiden Jokowi.

Program perluasan Bandara Sam Ratulangi sebagai pendukung industri pariwisata Sulawesi Utara direncanakan akan menjadikan terminal bandara yang semula seluas 26.000 meter persegi menjadi 56.000 meter persegi.