Mengejar Target Rampung Bendungan Gondang

Jakarta – Pemerintah telah mencanangkan untuk membangun 8 bendungan dan rampung pada akhir 2018. Salah satu dari 8 bendungan yang menjadi target tersebut adalah Bendungan Gondang, bendungan yang berada di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah ini sudah mencapai konstruksi 82% dan ditargetkan selesai pada bulan Oktober 2018 nanti.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa Bendungan Gondang ini dapat selesai dalam waktu dekat agar dapat dimanfaatkan pada memasuki musim hujan nanti.

“Progresnya sudah 82% dan dijadwalkan bisa selesai bulan Oktober 2018 agar bisa memanfaatkan musim hujan akhir tahun dalam pengisian bendungan,” jelas Menteri Basuki

Bendungan Gondang ini memiliki kapasitas tampung sebesar 9,15 juta meter kubik dan dapat menyuplai air untuk keperluan irigasi seluas 4.680 hektar di wilayah Kabupaten Karanganyar dan Sragen. Selain itu, bendungan ini juga akan difungsikan sebagai sumber air baku dengan kapasitas 200 liter per detik untuk di wilayah Kabupaten Karanganyar, serta untuk konservasi air, pengendali banjir dan destinasi wisata.

Menteri Basuki juga menyampaikan bahwa pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 16 bendungan lanjutan dan 49 bendungan baru untuk mewujudkan ketahanan pangan dan air, dan terkait dengan hal itu pada tahun 2018 ini Kementerian PUPR akan melelang kembali 7 proyek bendungan yang diantaranya adalah Bendungan Sidan yang berada di Bali, Bendungan Bener di Jawa Tengah, Bendungan Tiga Dihaji yang berada di Sumatera Selatan, Bendungan Jelantah di Jawa Tengah, Bendungan Randugunting di Jawa Tengah, Bendungan Beringin Sila di wilayah Nusa Tenggara Barat, serta Bendungan Sadawarna di wilayah Jawa Barat.