Lebaran 2018, Jakarta-Surabaya Sudah Terkoneksi Tol

12/03/2018

Jalan Tol

Yogyakarta - Menteri Basoeki Hadimoeldjono selaku Menteri PUPR menegaskan, Pemerintah optimis Jakarta-Surabaya bisa terkoneksi dengan tol pada musim lebaran tahun ini. Basoeki optimis, perjalanan mudik tahun ini akan lebih baik dari tahun lalu, dimana masih dalam kondisi darurat.

“Kita ingat tahun lalu dalam kondisi darurat dengan jalan berdebu, sebagian lean concrete dan sebagian masih perkerasan. Tahun ini Insya Allah sudah dibeton (rigid) dan untuk lapisan tanah yang lunak atau fleksibel kita lapis dengan aspal,” katanya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menambahkan, kendati belum 100% rampung, ruas tol di sekitar Batang, Jawa Tengah sudah dalam tahap finalisasi.

“Artinya dari Jakarta sampai Surabaya sudah terkoneksi, bisa menggunakan jalan itu. Tapi khusus Batang dan sekitarnya kira-kira ada 30-40 Km, itu cuma fungsional, tidak dikenakan tarif,” ujar Menteri Budi.

Menurut Menteri Basoeki, titik kritis dari ruas tol Batang-Semarang berada di Jembatan Kali Kuto. Sebab, pengerjaan di bagian bawah jembatan akan selesai akhir Maret 2018, dan setelah itu baru bisa dilakukan pemasangan girder dan pelat baja.

“Mudah-mudahan bulan Mei 2018 sudah bisa terpasang dan sebelum mudik sudah bisa dilewati,” pungkasnya.