Bulan Depan Jokowi Resmikan Tol Terpanjang Indonesia

19/08/2019

Jalan Tol

Jakarta – Pembangunan ruas tol terpanjang di Indonesia yakni ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dengan total panjang 185 km dan menjadi bagian dari ruas Tol Trans Sumatera ini telah rampung dan siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya diinformasikan Presiden Jokowi akan meresmikan ruas ini pada 17 Agustus 2019 kemarin, namun kemudian diubah menjadi di bulan September 2019 nanti.

Ruas tol ini menjadi yang terpanjang mengalahkan ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang memiliki panjang 140,9 km yang juga bagian dari jalan tol Trans Sumatera. Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini menawarkan aksesibilitas yang lebih tinggi terutama bagi industri kelapa sawit dan karet di Pulau Sumatera.

Kepala Cabang PT Hutama Karya Tol ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung, Yoni Satyo menyampaikan penyelesaian ruas tol ini sudah mencapai 96%, namun untuk konstruksi jalan utamanya sudah mencapai 98%. Yoni menyampaikan saat ini hanya tinggal pekerjaan minor dan penyempurnaan terhadap jalan tol tersebut yang tengah dikerjakan oleh tim nya.

"Tol Pematang Panggang - Kayuagung siap diresmikan dan dioperasikan. Kemarin direncanakan Agustus namun diundur bulan depan. Pak Jokowi kabarnya akan meresmikan langsung," ujarnya.

Saat ini jalan tol tersebut sudah memasuki tahap persiapan sarana pelengkap jalan yang masih dikerjakan. Diantaranya adalah pembangunan marka jalan yang masih disempurnakan kemudian penyelesaian 5 dari total 6 pintu tol serta pembangunan area istirahat sebanyak 9 tempat, dan baru dikerjakan 2 tempat bersifat sementara.

Sementara itu Direktur Utama PT Hutama Harya (Persero), Bintang Perbowo menyampaikan ruas tol ini memang merupakan salah satu ruas prioritas yang digarap PT Hutama Karya (Persero) di tahun 2019 ini. Bintang juga menyampaikan per 2 Agustus 2019 kemarin, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang pembebasan tanahnya telah mencapai 95% sedangkan konstruksi nya sudah sampai 99%, kemudian untuk Pematang Panggang-Kayu Agung sudah pembebasan tanah mencapai 100% dan konstruksinya 97%.

"Dengan demikian, selama 4,5 tahun terakhir ini Hutama Karya telah menyelesaikan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang ±470 km," Kata Bintang