Bandara Jenderal Besar Soedirman Mulai Konstruksi

Purbalingga-Senin (23/4/2018), Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking untuk pembangunan Bandara Jenderal Besar (BJB) Soedirman di Purbalingga. Pembangunan Bandara ini akan dilakukan dalam dua tahap, pertama pembangunan runway 1.600 meter, tahap kedua pembangunan runway sepanjang 2.500 meter serta pembangunan terminal penumpang seluas 3.000 meter persegi yang nantinya akan mampu menampung 300 ribu penumpang pertahun.

Purbalingga dan sekitarnya saat ini sudah terlihat tumbuh dalam dunia investasi yang hampir semua berorientasi ekspor, misalnya industri bulu mata palsu di Purbalingga yang telah mempekerjakan 60 ribu pekerja. Hal ini tentu membuat Presiden optimis untuk mendongkrak investasi lainnya hingga menjangkau daerah sekitarnya.

Jokowi berharap BJB bisa membawa dampak positif untuk Purbalingga dan 8 kabupaten sekitarnya seperti Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Pemalang, Tegal, Brebes, Kota Tegal dan Wonosobo.

“Semuanya bisa memanfaatkan airport ini, dan kita harapkan akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dari sekitarnya,” ungkap Presiden.

Bupati Purbalingga, Tasdi dan PLT Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmiko menyambut baik dimulainya konstruksi BJB Soedirman. Keduanya berharap, dengan adanya bandara yang rencananya akan rampung pada akhir 2019 ini mampu meningkatkan investasi di Jawa Tengah bagian barat selatan.