WTR Operasikan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar di Jawa Timur

29/11/2020

Highway

Jakarta – PT Waskita Toll Road melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Waskita Bumi Wira resmi mengoperasikan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) seksi 1-3 sepanjang 29 km pada Sabtu (28/11) kemarin.

Jalan KLBM ini sendiri terdiri dari total 3 seksi dan terbentang dari Gerbang Tol (GT) Lebani Gresik (Krian) sampai dengan GT Bunder Gresik pada seksi 3 nya. Dengan rincian nya meliputi seksi 1 sepanjang 9,77 km (GT Lebani Gresik-GT Belahanrejo), seksi 2 sepanjang 13,2 km (GT Belahanrejo-GT Cerme) serta seksi 3 sepanjang 6 km (GT Cerme-GT Bunder Gresik).

Direktur Utama PT Waskita Toll Road, Herwidiakto menyampaikan dengan resmi beroperasinya jalan Tol KLBM ini dapat meningkatkan pergerakan perekonomian maupun logistik dari Kabupaten Sidoarjo menuju Kabupaten Gresik atau sebaliknya.

"Jika sebelumnya pengguna tol dari arah Mojokerto menuju ke arah Gresik harus memutar Jalan Tol Trans Jawa melewati Kota Surabaya dengan memakan waktu 1 jam 30 menit maka dengan adanya Jalan Tol KLBM ini diharapkan mampu mengurangi jarak tempuh dari pengguna tol tersebut yang hanya memakan waktu 35 menit,"jelas Herwidiakto

Herwidiakto juga menyampaikan jalan Tol KLBM ini nantinya bakal terhubung dengan Tol Surabaya-Mojokerto dan Tol Kebomas, namun saat ini akses penghubung tersebut masih dalam proses konstruksi.

Dalam peresmian ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, peresmian ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sumber: sispro.co.id