Waskita Bakal Jual 9 Ruas Tol Senilai Rp 11 Triliun

03/12/2020

Highway

Jakarta – PT Waskita Karya (Persero) Tbk dikabarkan bakal melakukan Divestasi atau menjual saham kepemilikan sembilan ruas tol senilai Rp 11 Triliun pada 2021 mendatang. Hal tersebut sebagai langkah Waskita Karya dalam mengurangi beban utang yang perlu dibayarkan, ini sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Director of Business Development & QSHE PT Waskita Karya (Persero) Tbk., Fery Hendriyanto.

"Selain adanya penerimaan kas, lewat divestasi Waskita akan mengurangi utang dari ruas tol yang lagi terkonsolidasi. Akan ada beberapa ruas yang dilepas dengan skema shareswap atau tukar saham. Kami juga membuka tender dan menerima penawaran investor untuk beberapa ruas tol serta menggunakan instrumen RDPT,"jelas Fery

Fery menambahkan hampir keseluruhan ruas tol yang akan dilepas ini telah memiliki calon investor yang berminat dan sedang melakukan proses due diligence serta valuasi. Ia menjelaskan ruas tol milik PT Waskita Karya juga masuk dalam rencana investasi dari Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

"Selain investor infrastruktur atau lembaga keuangan pada umumnya, ruas tol Waskita Karya juga masuk dalam rencana investasi dari Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI),"jelas Fery

Kesembilan ruas tol yang akan dilepas oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk ini mencapai 480 km dengan tersebar di wilayah Jabodetabek sebanyak 3 ruas tol, di Provinsi Jawa Barat sebanyak 1 ruas tol, di Pulau Sumatera sebanyak 2 ruas tol, di Tol Trans jawa sebanyak 2 ruas tol, dan juga 1 ruas tol di wilayah Jawa Timur.

Sumber: sispro.co.id