Tol Wilangan-Kertosono Dibuka Akhir Desember Layani Libur Natal dan Tahun Baru

17/12/2018

Highway

Jakarta – Pembangunan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak-Surabaya kini mulai terwujud dengan telah beberapa ruas tol yang menghubungkan wilayah-wilayah di Pulau Jawa ini. Libur Natal dan Tahun Baru menjadi tantangan untuk pemerintah menghadirkan suasana nyaman tanpa kemacetan untuk para masyarakat dalam melakukan perjalanan menuju kampung halaman untuk berlibur.

Salah satunya dengan mengurangi kemacetan yang terjadi di wilayah persimpangan Mangkreng, Kertosono dengan mulai dioperasikannya Jalan Tol Solo-Ngawi ruas Wilangan-Kertosono pada akhir Desember nanti. Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ), Iwan Moedyarno mengkonfirmasi perihal tersebut.

“Insya Allah akan diresmikan presiden pada 20 Desember nanti,” kata Iwan

Iwan menjelaskan bahwa dirinya menyakini operasional dari ruas Wilangan-Kertosono akan sesuai dengan jadwal, meskipun dalam progres fisiknya masih belum sempurna, Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 39 km ini siap dioperasikan setelah evaluasi mendetail.

“Setelah pengoperasian, ada masa uji coba selama 1 hingga 2 minggu tanpa tarif,” jelas Iwan

Dengan dibukanya ruas Wilangan-Kertosono ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan yang sering terjadi di pertigaan Mengkreng, sebab kendaraan dari timur akan langsung masuk tol dan tidak perlu lagi masuk ke jalan nasional melewati Mengkreng.

Dengan begitu akan membantu dalam mengurangi kepadatan yang diperkirakan akan terjadi menjelang libur Natal dan Tahun Baru ini. Selain itu pemerintah juga sudah menargetkan pengoperasian dari 3 ruas lainnya, yakni ruas Batang-Semarang, Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura, serta Gempol-Pasuruan ruas Pasuruan-Grati. Ruas-Ruas tol ini menjadi pelengkap dari jaringan jalan tol Trans Jawa yang beroperasi dari Merak-Surabaya.