Tol Semarang – Batang Diharapkan Dapat Beroperasi Penuh Pada Akhir Tahun 2018

Kendal – Pembangunan jalan Tol Semarang – Batang di Jawa Tengah di harapkan dapat rampung dan mulai beroperasi sesuai jadwal yaitu pada akhir tahun 2018 nanti. Komisaris Utama PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun juga mengharapkan jalan tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa dengan panjang 75 kilometer (Km) ini dapat dilakukan uji coba kelaikan dan mulai beroperasi pada akhir tahun 2018 nanti.

“Sejauh pantauan kami, pembangunan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan progres pembangunan sejauh ini yang sudah memenuhi target. Semoga Jalan Tol Batang – Semarang bisa selesai pada bulan September 2018, dan bisa segera beroperasi,” kata Refly.

Refly berpendapat dengan pembangunan yang sudah berlangsung sejauh ini dapat diyakini progres nya akan sesuai jadwal, ia juga mengatakan bahwa Tol Semarang – Batang ini dapat beroperasi penuh di akhir tahun depan.

Dalam kunjungan Refly ke proyek Tol Semarang-Batang ini, ia mendapat penjelasan langsung dari Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang – Batang (JSB), Saut Simatupang selaku pengelola dari proyek tol ini.

Dan dari hasil laporan tersebut, total realisasi pembangunan di seluruh seksi hingga 27 Oktober 2017 telah mencapai 54,185%. Selain itu, progres dari pembebasan lahan untuk semua seksi sudah mencapai 98,16%, sebagaimana yang dijelaskan oleh Saut Simatupang.

“Selain dari segi konstruksi, Komisaris Utama pun mengapresiasi PT JSB dalam aspek pembebasan lahan. Hingga kemarin (27/10), realisasi progres pembebasan lahan untuk semua seksi telah mencapai 98,16%,” Jelas Saut.

Jalan Tol Semarang – Batang ini merupakan salah satu proyek prioritas yang menjadi bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Jawa. Tol ini terbagi menjadi 5 seksi, yang masing-masing terdiri atas Seksi 1 Batang-Batang Timur (3,20 km), Seksi 2 Batang Timur-Weleri (36,35 km), Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 km), Seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,50 km), serta Seksi 5 yang menghubungkan Kaliwungu-Krapyak (10,10 km).

Sumber: detik.com