Tol Pertama di Bumi Nyiur Melambai Siap Diresmikan Siang Ini

29/09/2020

Highway

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan kembali melakukan peresmian proyek jalan tol secara virtual pada Selasa (29/9) siang hari ini. Jalan tol yang akan diresmikan kali ini adalah proyek Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku pemilik ruas tol Manado-Bitung telah mengkonfirmasi perihal tersebut. Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru menyampaikan peresmian jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini akan berlangsung secara virtual dan disiarkan pada kanal Youtube Sekretariat Presiden.

"Peresmian jalan tol Manado—Bitung ruas Manado—Danowudu oleh Presiden RI Joko Widodo akan dilaksanakan secara virtual melalui live streaming di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 29 September 2020 pukul 14.00 WIB atau 15.00 Wita,"jelas Dwimawan

PT Jasamarga Manado Bitung, anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk tengah mempersiapkan operasional dari jalan tol Manado-Bitung yang akan beroperasi secara bertahap dimulai dari ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 km.

Jalan Tol Manado-Bitung ini sendiri dibangun dengan dua seksi, yakni seksi 1 (Manado-Airmadidi sepanjang 14 km yang dikerjakan oleh pemerintah serta seksi 2 (Airmadidi-Bitung) sepanjang 25 km dikerjakan oleh PT Jasamarga Manado Bitung.

Sementara itu, untuk pengerjaan konstruksi ruas Danowudu-Bitung sejauh 12,65 km ditargetkan rampung pada April 2021, hingga saat ini progres konstruksi pada ruas tersebut telah mencapai 77,61% dengan pembebasan lahan mencapai 99,23%.

Tol Manado-Bitung ini dibangun dengan memiliki total 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, serta GT Bitung serta juga dilengkapi dua rest area yang tersebar di STA 3+000 (Arah Manado) serta STA 3+500 (Arah Bitung).

Sumber: sispro.co.id