Tol Japek Layang Bakal Terhubung Tol Becakayu

13/01/2020

Highway

Jakarta – Pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) direncanakan bakal tersambung dengan Tol Jakarta-Cikampek Layang (Elevated). Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit yang menyampaikan aka nada integrasi atau kesatuan tarif antara tol Becakayu dan Tol Japek.

"Sekarang itu integrasinya tidak hanya Japek dan Japek Elevated, tapi juga dengan Becakayu," ujarnya

Danang menyampaikan jalan tol ini akan tersambung pada Simpang Susun Cikunir, dengan dari tol Becakayu keluar melewati off ramp Bintara Jaya menuju jalan akses Tol Kalimalang. Kemudian nantinya akan berputar arah ke Gerbang Tol Kalimalang menuju ke arah Simpang Susun Cikunir, dan diteruskan dengan mengambil arah menuju ke jalan Tol Japek Elevated.

Dengan dilakukannya penyesuaian ini, Danang menyampaikan pihak BPJT akan melakukan penyesuaian tarif untuk nantinya akan lebih murah yang berdasarkan pada pengembalian investasi. Sedangkan jalan Japek yang sudah berfungsi di bawahnya tarif bakal dinaikan.

"Integrasinya penyesuaian, jadi antara pengembalian investasi dengan pelayanan masyarakat. Contohnya sekarang seperti Japek Elevated itu kan selisihnya untuk jangka panjang, jauh ya. Itu kan cukup besar, mungkin untuk hitungan BPJT yang satu Rp 15 ribu yang satu Rp 40 ribu. Jadi mungkin yang di Japek itu mengalami kenaikan, yang di Japek Elevated bisa mengalami penurunan," ungkap Danang.

Danang juga menyampaikan pihaknya akan mengupayakan penyesuaian tarif Tol Japek tersebut dapat rampung pembahasannya pada bulan Januari. Hal tersebut masih menunggu simulasi tarif yang akan selesai minggu kedua bulan Januari.

Sumber: sispro.co.id