Tingkatkan Mutu SDM, Kementerian PUPR Gelar Uji Kompetensi Jasa Konstruksi

11/03/2020

PUPR Agenda

Depok – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan kualitas dan mutu dari Sumber Daya Manusia dalam bidang konstruksi dan infrastruktur yang ada di Indonesia. Hal ini salah satunya diwujudkan dalam bentuk kerjasama dengan instansi akademisi, yaitu Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dengan menggelar pembekalan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Jasa Konstruksi kepada lulusan baru.

Acara yang digelar selama 5 hari dari tanggal 10-14 Maret 2020 ini merupakan bagian dari proses Kementerian PUPR dalam mencipatakan SDM baru yang berkualitas sekaligus dapat dimanfaatkan oleh peserta uji kompetensi dalam mengasah kemampuan dan mendapatkan sertifikasi keahlian. Hal tersebut sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Tri Sasongko.

“Hari ini, kami mengadakan uji kompetensi bersama PNJ dan Kemendikbud untuk melakukan uji kompetensi fresh graduate PNJ,”jelas Tri

Pelatihan uji kompetensi ini sendiri diikuti oleh 135 orang alumni mahasiswa Jurusan Teknik Sipil PNJ. Pelatihan ini sendiri sebelumnya pernah dilakukan oleh Kementerian PUPR sejak tahun 2018 lalu dengan pertahunnya dilakukan dua batch pelatihan.

“Kami sudah menggelar kegiatan ini sejak tahun 2018 lalu. Jadi, sudah 6 batch,”kata Tri

Tri juga menyampaikan untuk pelatihan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR pada tahun ini rencananya akan mengunjungi 10 perguruan tinggi negeri, yaitu STT PLN, PNJ, STT Mandala, Universitas Pancasila Indonesia, Universitas Achmad Yani, UI, IPB, UNJ, ITB, serta Universitas Ageng Tirtayasa.

Kemudian juga akan dilaksanakan pada perguruan tinggi swasta yang diantaranya adalah Universitas Trisakti, Universitas Podomoro, Universitas Tarumanegara, UP, serta Universitas Jayabaya. Dengan target keseluruhan peserta uji kompetensi mencapai 2.100 peserta untuk wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten tersebut.

Sumber: sispro.co.id