Tiga Ruas Tol Ini Akan Diresmikan Maret 2020

27/01/2020

Highway

Depok – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan rencana peresmian dari tiga ruas tol baru. Ketiga ruas tol tersebut seharusnya dijadwalkan akan diresmikan pada Januari 2020, namun dikarenakan adanya beberapa hal mundur menjadi Maret tahun 2020.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangannya usai meninjau pembangunan progres pembangunan Univesitas Islam International Indonesia (UIII), Depok Jawa Barat.

“Iya, bulan Maret,”kata Menteri Basuki, dikutip dari detik.com

Ketiga ruas tol yang akan diresmikan tersebut adalah Tol Manado-Bitung, Tol Palembang-Kayuagung, dan Tol Pekanbaru-Dumai. Berdasarkan data Kementerian PUPR, Jalan Tol Manado-Bitung dirancang sepanjang 39,9 km dan dibangun dari dua seksi, yaitu seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 km yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Dan untuk seksi 2 Air Madidi-Bitung sepanjang 25 km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), PT Jasa Marga Manado Bitung.

Untuk pembangunan seksi 2 ini dibangun dengan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 6,19 triliun. Kemudian pemerintah mendukung pembiayaan konstruksi untuk seksi 1 sebesar Rp 3 triliun yang merupakan instrument untuk meningkatkan kelayakan investasi jalan tol Manado-Bitung.

Tol pertama di Sulawesi Utara ini akan menjadi faktor pendorong berkembangnya sektor pariwisata kawasan Manado-Bitung-Likupang yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kawasan Manado-Bitung-Likupang ini merupakan bagian dari salah satu dari lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Super Prioritas yang dikembangkan pada tahun 2020.

Selain Tol Manado-Bitung, ada juga Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero). Jalan yang membentang sepanjang 131,4 km dan terbagi dalam 6 seksi, yaitu Seksi I Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 km, kemudian Seksi II Minas-Petapahan/Kandis Selatan sepanjang 24 km, Seksi III Petapahan-Kandis Utara sepanjang 17 km, Seksi IV Kandis-Duri Selatan sejauh 26 km, Seksi V Duri Selatan-Duri Utara 28 km, dan Seksi VI Duri Utara-Dumai sepanjang 25 km.

Dan kemudian terdapat juga jalan Tol Palembang-Kayu Agung-Betung dengan panjnag 111,69 km, yang terbagi dalam 3 seksi yakni Seksi I Kayu Agung-Jakabaring dengan panjang 33,5 km. Kemudian Seksi II Jakabaring-Muliandas sepanjang 24,9 km dan juga Seksi III Muliandas-Betung sepanjang 44,29 km.

Sebelumnya pada November 2019 kemarin, ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi I telah dibuka untuk umum dengan panjang 33,5 km.

Sumber: sispro.co.id