RS Corona Pulau Galang Siap Gunakan Zona Terakhir Sebagai Antisipasi

Jakarta – Fasilitas Rumah Sakit (RS) penanganan khusus pasien COVID-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau telah beroperasi. RS ini terbagi menjadi 3 zonasi.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan bahwa dari 3 zona yang disiapkan, baru terdapat 2 zona yang sudah bias beroperasi.

Zona A merupakan mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house.

"Zona 1 sudai dipakai, kan dokter-dokter serta tenaga yang lain tinggal di sana sekitar 200 orang," ujar Danis, Jumat (17/4/2020).

Kemudian, terdapat zona B yang merupakan fasilitas penampungan dan fasilitas pendukung seperti ruang isolasi, hingga ruang observasi yang sudah diisi pasien.

Selain itu, ada zona 3 belum bisa beroperasi karena persiapan lahan yang siap dibangun segera jika dibutuhkan dalam tambahan fasilitas. 

"Zona 3 kan zona pengembangan, tanah yang sudah siap. Bangun bila diperlukan tambahan fasilitas-fasilitas kesehatan dan sebagainya," ujarnya.

Sumber: sispro.co.id