Ridwan Kamil Bakal Bangun Kawasan Patimban Jadi Kota Pelabuhan

Jakarta – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan akan mengembangkan kawasan metropolitan baru yang diberi nama ‘Rebana’ guna menyokong kekuatan ekonomi baru di wilayah penyokong Pelabuhan Patimban.

Pria yang sering disama Emil ini juga menjelaskan pembangunan Pelabuhan Patimban akan diikuti dengan pengembangan kota-kota baru yang mengadopsi industri 4.0. Ridwan Kamil juga menyampaikan bakal ada 10 kota baru yang dibangun bertahap dalam kurun waktu 15 tahun.

"Berita baiknya nanti di acara West Java Investment Summit di bulan depan kita akan launching 3 kota. Kota futuristik dengan 1 juta orang mengelilingi Patimban. Karena kami tidak ingin seperti Tanjung Priok, pelabuhannya berfungsi, tapi sekitarnya tidak. Kita ingin seperti Yokohama, seperti kota pelabuhan modern,"jelas Ridwan Kamil

Ia juga menyampaikan dalam rencana pengembangan kota baru tersebut telah banyak investor yang berminat, Ridwan Kamil menyebutkan seperti investor asal Jepang yang tertarik untuk pengembangan Patimban City, kemudian ada investor Tiongkok yang berminat pada Kawasan Aeropolis di Kertajati, selanjutnya investor Taiwan yang minat dengan kota industri baru di Indramayu serta investor asal Timur Tengah yang tertarik mengelola lahan milik RNI di Jawa Barat sebagai kota berbabasis industri Halal.

"Pergerakan ini akan menumbuhkan tambahan 2% sampai 4% pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat yang ujungnya akan menambah pertumbuhan ekonomi kepada nasional. Bulan November satu kota baru yang sudah siap itu kota Rebana Surya Cipta di KM 89 akan di-groundbreaking juga," jelas Ridwan Kamil

Sumber: sispro.co.id