RI-China Sepakat Garap Infrastruktur Waduk dan Perikanan

10/05/2016

Tidak berkategori

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Perekonomian hari ini melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan pemerintah China.

Dalam pertemuan ini, Indonesia diwakili oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, sedangkan China diwakili State Counsellor of the people's Republic of China H.E Yang Jiechi.

Darmin mengungkapkan, terdapat beberapa sektor yang dibahas dalam pertemuan ini. Di antaranya adalah sektor perdagangan hingga pertanian.

"Itu mencakup infrastruktur, pertanian, perikanan, seperti energi. Di samping sektor-sektor itu ada juga persoalan yang disampaikan. Seperti perdagangan makin lama kok makin sedikit," jelas Darmin.

Pada saat yang sama, Deputi Bidang Kerja Sama Bidang Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi, Rizal Affandi Lukman mengungkapkan pembangunan infrastruktur yang disepakati meliputi beberapa sektor, seperti waduk dan sektor perikanan.

"Ada proyek di bidang pembangunan dan ada cukup banyak. Mereka ingin membiayai untuk waduk di Indonesia. Totalnya bantuan yang akan dikerjakan ini adakah bantuan dalam bentuk pinjaman USD10 miliar di ASEAN. Indonesia akan memanfaatkan untuk infrastruktur. Ini khusus dengan China," jelasnya.