Rampungkan Sosialisasi Pembebasan Lahan, Tol Rengat-Jambi Masuki Konsultasi Publik Tahap Awal

07/10/2020

Highway

Pekanbaru -  Proses pembangunan Jalan Tol Rengat-Jambi sepanjang 198,13 km terus dipercepat, Kepala Biro Pembangunan Setdaprov Riau, Aryadi menyampaikan setelah dilalui proses sosialisasi pembebasan lahan untuk ruas Tol Rengat-Jambi tersebut, pihaknya bersama tim percepatan pembangunan jalan Tol Rengat-Jambi yang diketuai oleh Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya akan melakukan konsultasi publik tahap pertama.

"Sosialisasi pembebasan lahan jalan tol Rengat-Jambi sudah selesai. Tanggal 6 Oktober kita lanjutkan konsultasi publik pertama. Konsultasi publik ini merupakan tahapan proses pengadaan lahan. Kita berharap tahapan ini berjalan sesuai harapan, sehingga tahap selanjutnya pembangunan jalan tol Rengat-Jambi bisa dilaksanakan"jelas Aryadi pada Senin (5/10)

Pada tahapan pertama konsultasi publik dari jalan Tol Rengat-Jambi ini akan dilakukan di wilayah Kecamatan Kemuning dan Keritang, Kabupaten Indragiri hilir. Sementara itu, Aryadi juga menjelaskan pihaknya telah menyelesaikan konsultasi publik untuk pembangunan jalan tol Bangkinang-Pangkalan di wilayah Sumatera Barat.

Dengan begitu untuk ruas tol Bangkinang-Pangkalan saat ini akan masuk tahapan penetapan lokasi. Sementara untuk rencana pembangunan Tol Jambi-Rengat-Pekanbaru telah masuk dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi Riau Tahun 2018-2038 berdasarkan Perda Riau No. 10 Tahun 2020 serta pada Perda Provinsi Jambi No. 10 Tahun 2013 dalam RTRW Jambi 2013-2033.

Sumber: sispro.co.id