Presiden Jokowi Kembali Duetkan Basuki-Budi Karya Bangun Infrastruktur

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menetapkan dan melantik menteri-menteri yang akan membantunya dalam masa pemerintahan 2019-2024. Dalam susunan Kabinet Indonesia Maju ini, Presiden Jokowi kembali mempercayakan Basuki Hadimuljono serta Budi Karya Sumadi dalam mengisi pada posisi sebelumnya yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) & Kementerian Perhubungan.

Dalam penujukan kedua kalinya ini, presiden mengharapkan Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan mampu saling bekerja sama dan mengoptimalisasi manfaat pembangunan infrastruktur kepada masyarakat.

"Kita harapkan nanti Pak Basuki, Pak Budi Karya bisa mempercepat konektivitas antara jalan-jalan yang sudah ada, airport, pelabuhan, dengan industri, pariwisata, dan yang berkaitan dengan logistik," kata Jokowi

Namun terdapat beberapa catatan yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Menteri Basuki maupun Menteri Budi Karya. Untuk Menteri Basuki hal tersebut berupa kesinambungan dan keberlanjutan dari pembangunan infrastruktur yang telah di bangun untuk dapat dioptimalisasi serta dilakukan percepatan pada pembangunan infrastruktur yang masih dalam proses pembangunan. Hal ini guna mendukung berbagai kawasan ekonomi yang ada sehingga dapat menciptakan efisiensi dalam ekonomi.

Kemudian untuk Menteri Budi Karya sendiri menyampaikan akan kembali fokus dalam mendukung konektivitas transportasi yang terhubung dengan sektor pariwisata dan logistik.

"Presiden memberikan perintah yang simple namun tidak mudah mengerjakannya. Presiden mengatakan infrastruktur masih menjadi prioritas untuk dilanjutkan. Yang membedakan ke depan kita akan lebih fokus membuat prioritas di mana saja yang harus dibangun, di mana saja yang harus di-care," kata Menteri Budi