Pemerintah Rencanakan Jalur Akses Dari Dharmasraya Menuju Tol Padang-Pekanbaru

01/10/2020

Highway

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan ketertarikan untuk membangun akses jalan dari Kabupaten Dharmasraya menuju ke salah satu ruas tol di Trans Sumatera, yakni Tol Padang-Pekanbaru.

Hal tersebut terjadi setelah adanya permintaan dari Bupati Dharmasraya, Sutan Riska  Tuanku Kerajaan yang meminta untuk dapat dibangun akses jalan dari Kabupaten Dharmasraya ke ruas tol Trans Sumatera di Riau pada saat menghadiri acara peresmian Jembatan Pulai beberapa waktu lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga menyampaikan saat ini dirinya telah melakukan koordinasi dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang, Sumatera Barat. Hal tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Kepala BPJN III Padang, Bambang Pardede yang menyampaikan pihaknya akan langsung menindaklanjuti penentuan trase atau sumbu jalan baru tersebut.

“Saya sudah tugaskan perencana kami untuk mencari trase ke salah satu pintu tol yang saat ini juga masih rencana pengembangan jalan tol, kalau secara fisik belum mulai,”jelas Bambang

Ia juga menjelaskan dalam rencananya akan ada beberapa tahapan sesuai prosedur yang meliputi Studi Kelayakan atau Feasibility Study , pra design, serta tahapan teknis seperti perencanaan detail atau detail engineering design (DED).

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno juga menyampaikan dukungannya terkait wacana dari pembangunan akses jalan penghubung dari Dharmasraya menuju ruas tol Trans Sumatera. Bahkan Irwan sendiri telah menyampaikan jika Pemkab Dharmasraya membutuhkan bantuan dari Pemprov akan segera ditindaklanjuti oleh pihaknya.

“Setuju itu, kalau dipenuhi pemerintah pusat, kita setuju. Pemprov mendukung, kalau butuh surat kita akan surati, tetapi itu semua tergantung dari pusat,”jelas Irwan

Sumber: sispro.co.id