Pemerintah Bakal Tandatangani 1.300 Kontrak Paket Pekerjaan

Bandung – Pemerintah direncanakan akan melakukan penandatanganan 1.300 kontrak dari paket pekerjaan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Rabu (29/1) ini, yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo beserta 100 pihak terlibat. Selain itu, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan meresmikan Terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan kegiatan penandatanganan kontrak massal ini dilakukan guna merespon instruksi dari Presiden Jokowi dalam melakukan lelang dini.

"Presiden sudah perintahkan, tahun 2020 dilakukan lelang dini supaya sub kontrak tidak hanya pada pertengahan atau akhir tahun anggaran,"kata Menteri Basuki, dikutip dari kompas.com

Menteri Basuki juga menyampaikan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) dari Kementerian PUPR pada tahun 2020 mencapai Rp 120 triliun. Selain itu untuk tahun ini, Kementerian PUPR juga telah memiliki 7.000 paket pekerjaan dengan total nilai mencapai Rp 80 triliun. Dengan tender pengerjaan yang telah dibuka sejak 4 November 2019 ini sudah dapat mulai dikerjakan pada Januari 2020 ini.

"Jadi sejak Januari sudah bisa mulai bekerja, sudah kerja menyerap DIPA yang ada,"jelas Menteri Basuki.

Sumber: sispro.co.id