Pemerintah Bakal Geber Proyek Jalan Tol Baru Pada Tahun 2021

11/11/2020

Highway

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan kembali menggenjot pembangunan infrastruktur Jalan Tol pada tahun 2021 mendatang, hal tersebut sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko D Heripoerwanto.

Eko menyampaikan bakal ada 12 ruas tol baru yang siap dikerjakan dalam kurun waktu 2021 nanti. Pemerintah sendiri telah menyampaikan target ambisius untuk dapat membangun 18rb km jalan tol baru.

Dirjen Bina Marga, Hedy Rahadian menyampaikan sebagian besar rencana pembangunan tol tersebut akan menggunakan Skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Ia juga menjelaskan pentingnya pembangunan ruas tol ini guna mengejar ketertinggalan konektivitas antar daerah di Indonesia.

"Sudah kami susun rencananya dan backbone jalan bebas hambatan ini yang sebagian besar akan dilakukan menggunakan KPBU jadi akan menjadi jalan tol. Jadi ini kami sampaikan rencana program jalan tol kita dalam rencana kami adalah 18,8 ribu kilometer,"jelas Hedy

Dalam penjelasan Hedy pada Rapat Kerja bersama dengan DPR pada bulan September lalu, Hedy menjelaskan dari total rencana 18.850 km jalan tol yang akan dibangun, 2.166 km diantaranya telah beroperasi. Selanjutnya terdapat juga 2.000 km yang siap dalam pengadaan tanah maupun masuk tahapan konstruksi.

"Kami sudah membuat rencana umum jalan bebas hambatan dalam horizon yang bisa kami prediksikan. Kenapa kita perlu merancang jalan bebas hambatan ini, karena untuk mencapai target konektivitas 1,5 jam per 100 kilometer,"Jelas Hedy

Adapun untuk ruas tol yang siap dibangun pada tahun 2021 nanti adalah sebagai berikut :

Kuartal I-2021    :

- Tol Yogyakarta-Bawen
- Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap

Kuartal III-2021 :

- Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg
- Tol Bogor-Serpong via Parung
- Tol Semanan-Balaraja
- Tol Akses Patimban
- Tol Sentul Selatan-Karawang Barat
- Tol Semarang Harbour
- Tol Gilimanuk-Mengwi

Kuartal IV-2021 :

- Tol Mamminasata
- Tol Cikunir-Karawaci
- Tol Cikunir-Ulujami

Sumber: sispro.co.id