Pemerintah Bakal Bangun 6 Kota Metropolitan Baru

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan akan kembali mencanangkan pembangunan dan pengembangan kota-kota yang berada di luar Pulau Jawa. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan akan ada 6 kota yang akan menjadi fokus pengembangan, diantaranya adalah Palembang, Banjarmasin, Makassar, Manado, Denpasar, serta Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur.

Menurut Menteri Basuki, pengembangan yang akan dilakukan pada keenam kota tersebut merupakan bagian dari pemerataan pembangunan serta peningkatan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini di dasarkan oleh kajian yang dilakukan Bappenas, dimana menjelaskan setiap pertumbuhan 1% penduduk perkotaan akan meningkatkan 1,4% PDB per Kapita.

“Dengan adanya pengembangan kota metropolitan diharapkan dapat menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi lebih besar pada peningkatan PDB Nasional,” kata Menteri Basuki

Namun perhitungan 1,4% PDB per Kapita tersebut masih kalah jauh dari negara Asia Timur dan Pasifik yang saat ini sudah mencapai 2,7% PDB per Kapita serta dengan perbandingan yang dimiliki China dengan 1% pertumbuhan penduduk berkontribusi pada 3% PDB per Kapita.

Menteri Basuki juga menyampaikan pembangunan dan pengembangan kota-kota di luar Pulau Jawa ini juga menjadi bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang telah membangun fondasi pembangunan lebih tangguh, produktif dan merata.

"Fondasi bagi pembangunan Indonesiasentris, bukan Jawasentris. Salah satunya dalam percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia,"kata Menteri Basuki