Pembangunan Infrastruktur Tempat Perhelatan Asian Games 2018, Diperkirakan Rampung Awal Tahun 2018

17/10/2017

Tidak berkategori

Jakarta – Olympic Council of Asia (OCA) menilai persiapan Indonesia sebagai tuan rumah dari Asian Games 2018 sudah sesuai dengan pelaksanaannya. Berbagai pembangunan infrastruktur tempat  olahraga yang dibangun pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memasuki tahap akhir dan dapat dipastikan akan rampung seluruhnya pada bulan Desember 2017 nanti.

“Infrastruktur Insya Allah sebagian besar akan rampung Desember 2017 nanti. Kalau OCA tidak yakin pasti akan komplain, tetapi setelah melihat kemajuan infrastruktur, mereka yakin kalau Asian Games bisa berjalan dengan baik,” jelas Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Basuki mengatakan akan terus memantau progres dari pengerjaan tempat penyelenggaraan Asian Games ini agar dapat diselesaikan tepat waktu serta dapat segera menyelesaikan setiap hambatan yang terjadi ketika pembangunan.

Pada saat yang sama, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menpora Iman Nahrawi, dan Ketua Penyelenggara Asian Games ke – 18 (INASGOC) Erick Thohir menerima kedatangan delegasi Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Council of Asia (OCA) yang diketuai oleh Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, di Istana Merdeka.

“Beliau (Syah Ahmad) menyampaikan dari kamar hotelnya melihat pelaksanaan rehabilitas di Gelora Bung Karno sudah mulai dilakukan, dan sepertinya dijalankan selama 24 jam. Beliau tidak menyangka semua yang dilakukan Indonesia bisa sesuai dengan target,” kata Puan

Puan juga menambahkan, berdasarkan data laporan dari Kementerian PUPR untuk progres dan rehabilitasi dari tempat penyelenggaraan Asian Games di GBK, yakni Stadion Utama GBK dengan progres konstruksi  sudah 88%. Sedangkan untuk pembangunan di Jakabaring, Palembang akan tuntas pada Januari 2018 sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Dan hingga saat ini, pembangunan dari setiap tempat untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 ini masih sesuai dengan rencana yang ditetapkan diawal, serta diharapkan akan selesai sesuai target.

Penyelenggaraan Asian Games ke – 18 ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 nanti, rencananya diperlukan kurang lebih 13.000 sukarelawan. Sementara, sampai saat ini yang sudah mendaftar sebanyak 30.000 orang dan akan dimanfaatkan kurang lebih 2.000 sukarelawan untuk tes event.

Sumber: pu.go.id