Pembangunan Cepat, Tol Pekanbaru-Dumai Siap Saat Lebaran

18/02/2020

Highway

Jakarta - Pembangunan salah satu ruas jalan Tol Trans Sumatera akan dipercepat dalam waktu yang dekat. Ruas Tol Pekanbaru-Dumai yang memiliki panjangnya 140 km salah satu tol yang akan lebih cepat pengoperasiannya.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo menjelaskan progres Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang ada pada beberapa sesi sudah selesai dikerjakan. Namun, masih banyak lagi yang harus dikerjakan dalam menyelesaikan tol proyek sepanjang 2.765 Km tersebut, sebagian sudah operasi seperti Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Bakauheni-Palembang udah beroperasi, kemudian Medan-Binjai ada yang sedikit belum selesai, lalu Pekanbaru-Dumai sepanjang 134 Km semoga bisa beroperasi penuh Lebaran ini. Palembang-Indralaya juga," ujar Bintang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR, Senin (17/2/2020).

Proyek JTTS membutuhkan Rp 476 triliun untuk dapat menyelesaikannya. Namun, hanya sebagian kecil yang sudah terpenuhi. Dari kebutuhan ekuitas sebanyak Rp 343 triliun, hanya Rp 55 triliun yang baru terpenuhi. Adapun dari segi pinjaman, dari total kebutuhan Rp 133 triliun, baru Rp 25 triliun yang terpenuhi.

Dalam hal ini, sisa kebutuhan dari ekuitas dan pinjaman mencapai Rp 396 triliun, hasilnya sisa kebutuhan ekuitas sebanyak Rp 288 triliun dan sisa kebutuhan pinjaman mencapai Rp 108 triliun.

PT Hutama Karya sudah mendapat angin segar tahun lalu dengan mendapat Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 10,5 triliun. Sedangkan pada 2020 jauh lebih kecil, yakni Rp 3,5 triliun.

Bintang mengatakan bahwa Pekanbaru-Dumai akan digunakan sebesar Rp 2 triliun dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sebesar Rp 1,5 triliun.

Sumber: sispro.co.id