Mudik Lebaran 2019, Tol Trans Jawa Dibuka Satu Arah Sampai Brebes

08/05/2019

Highway

Jakarta – Menjelang musim Mudik Lebaran 2019, pemerintah terus mencari strategi terbaik untuk memberikan pelayanan terbaik disaat masyarakat melaksanakan Mudik Lebaran. Salah satu strateginya adalah dengan menerapkan sistem satu arah (One Way) di ruas tol Jakarta sampai dengan Brebes. Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Joko Santoso menyampaikan berkaitan kebijakan satu jalur tersebut akan disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan bersama Kepolisian.

"Selanjutnya ini ada kebijakan yang dapat kami sampaikan di sini, untuk teknisnya nanti masih menunggu deklarasi Bapak Menteri Perhubungan bersama Kepolisian," Kata Joko

Dalam penerapannya, sistem satu arah akan dimulai dari ruas tol Cikampek KM 29 hingga ruas tol Brebes KM 262. Dengan tanggal penerapannya sendiri direncanakan mulai pada 31 Mei, 1 Juni, dan 2 Juni 2019 untuk arus Mudik Lebaran dan untuk arus Balik Lebaran akan diterapkan sistem satu arah mulai tanggal 7,8 sampai 9 Juni dari titik awal Gerbang Tol Palimanan KM 188 sampai Cikarang Utama.

"Ini akan diberlakukan one way system, jadi mudik di jalan tol seluruhnya akan ke Jawa, dari km 29 sampai km 262. Mungkin nanti teknisnya akan disampaikan Bapak Menhub waktu deklarasi," Jelasnya

Selain itu, Joko mengatakan, untuk mengatasi kemacetan di jalan tol juga akan dilakukan pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Terkait kemacetan di gerbang tol kami punya program di sini, Gerbang Tol Cikarang Utama menjadi salah titik kemacetan rencananya akan digeser sebelum Lebaran, Cikarang Utama di geser ke Cikampek utama di km 70. Serta, ke arah Bandung di km 67," ujarnya.