Mengintip Perkembangan Tol Pertama di Kalimantan

04/11/2016

Tidak berkategori

Jakarta - Selintas hamparan tanah di Desa Karangjoang, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur perlahan mulai tertutup beton. Pemandangan itu ternyata adalah lokasi pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,2 kilometer (km).

Ini menjadi proyek jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang digenjot proses pembangunannya oleh pemerintah. detikFinance menyambangi lokasi ini bersama rombongan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang terjun langsung untuk memastikan proyek ini berjalan sesuai target.

Pembangunan infrastruktur memang menjadi fokus pemerintah sehingga para menteri di Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus turun tangan langsung memantau secara rutin perkembangan berbagai proyek yang tengah dikerjakan.

Salah satunya seperti yang dilakukan Basuki Hadimuljono hari ini, Jumat (4/11/2016).

Tiba di lokasi pukul 10.30 WITA, Basuki yang menumpang Toyota Fortuner warna hitam dengan nomor plat RI 35, langsung memantau salah satu titik pekerjaan jembatan sepanjang 613 meter di atas Sungai Manggar yang masuk seksi satu rangkaian jalan tol ini.

Tampak pilar-pilar penyangga tiang jembatan sudah mulai berdiri.

Proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda pekerjaannya terbagi dalam 5 seksi dengan rincian, Seksi I sepanjang 22,03 km dari Balikpapan Km 13-Samboja, Seksi II 30,98 Km dari Samboja-Muara Jawa, Seksi III 17,3 Km dari Muara Jawa-Plaran.

Kemudian Seksi IV 17,95 Km dari Palaran-Samarinda dan terakhir Seksi V 11,09 Km.