Konstruksi Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Dimulai, Target 2023 Rampung

25/09/2019

Highway

Jakarta – Selain membangun jalan tol Jakarta-Cikampek 2 Elevated yang telah disiapkan untuk beroperasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga tengah mempersiapkan proses konstruksi dari jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan. Saat ini proses pembebasan lahan untuk ruas tol tersebut sudah mencapai 60% dan untuk tahap konstruksi nya sudah dimulai.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani mengatakan pengerjaan konstruksi Japek II Selatan ini yang telah rampung proses pembebasan lahannya adalh seksi 3 dan telah dimulai untuk proses konstruksinya. Ia juga berharap seluruh proses pembebasan lahan dapat rampung pada akhir tahun 2020.

"Japek Selatan dari tiga seksi, yang kami kerjakan baru seksi 3 yang di Sadang. Progres konstruksi-nya kira-kira sudah 5 persen, Saat ini, tanah milik instansi Pemerintah sudah kita peroleh izinnya dan sudah dimulai pekerjaan fisiknya," ujar Desi

Tol ini rencananya akan dibangun dengan total panjang 62 km dan terbagi menjadi 3 seksi, yaitu seksi 1 dari Jati Asih-Setu sejauh 9,3 km. Lalu seksi 2 dari Setu-Taman Mekar sejauh 24,85 km dan seksi 3 terdiri dari Taman Mekar menuju Sadang sujauh 27,85 km.

Untuk saat ini, Desi menyampaikan proses konstruksi sudah dimulai pada seksi 3 dengan pembangunan dari sisi Sadang ke selatan dan direncanakan rampung pada akhir 2020 atau awal 2021.

"Konstruksi sudah dimulai, walaupun masih sangat kecil progressnya. Namun, tetap optimis bisa selesai di akhir tahun depan," ucap Desi.

Adanya jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini pun juga akan terhubung dengan JORR II dan Jalan Tol Cipularang.