Konstruksi Rampung, Tol Desari Seksi 2 Siap Beroperasi

03/07/2020

Highway

Jakarta – Pembangunan ruas Tol Depok-Antasari (Desari) saat ini telah memasuki tahap akhir, pembangunan pada seksi 2 (Brigif-Sawangan) ruas tol ini telah diselesaikan serta telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal ini seperti yang disampaikan Pimpinan Proyek PT Citra Waspphutowa, Widijanto.

“Betul (segera beroperasi), SLO diterbitkan pada 24 Juni 2020. Kami tinggal menunggu SK Pengoperasiannya,”jelas Widijanto

Sebelumnya pengoperasian ruas tol ini direncanakan pada Mei 2020 lalu, namun akibat dampak pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia maka peresmiannya pun tertunda hingga awal Juli ini.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit juga menyampaikan rencana peresmian ruas tol Depok-Antasari seksi 2 (Brigif-Sawangan) ini masih menunggu Surat Keputusan dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Ia menyampaikan setelah dikeluarkannya SK Menteri PUPR, ruas tol Desari seksi 2 sepanjang 6,3 km ini akan langsung beroperasi penuh menyambung seksi 1 yang telah beroperasi lebih dulu.

“Untuk pengoperasian Desari seksi 2 menunggu SK Menteri,” ujar Danang

Tol Depok-Antasari (Desari) ini sendiri dibangun dengan empat seksi yang memiliki total panjang ruas tol sejauh 21,6 km, yang diantaranya adalah seksi 1 (Antasari-Brigif) sepanjang 5,8 km, seksi 2 (Brigif-Sawangan) sepanjang 6,3 km, seksi 3 (Sawangan-Bojong Gede) sepanjang 9,5 km dan seksi 4 (Bojong Gede-Salabenda) sepanjang 6,4 km.

Ruas tol ini merupakan bagian dari ruas tol yang ditargetkan beroperasi pada tahun ini dengan nilai investasi mencapai Rp 2,99 triliun.

Sumber: sispro.co.id