Konstruksi Jalan Capai 90 Persen

28/04/2017

Tidak berkategori

Jakarta - Pemerintah berencana membuka jalan Jalan tol Bawen-Salatiga dan Kartasura- Ngawi untuk arus mudik dan balik Lebaran 2017. Jika seksi Bawen-Salatiga sudah hampir 100 persen jadi, maka Kartasura-Ngawi masih berupa jalan fungsional. Project Manager Seksi III Bawen-Salatiga PTTrans Marga Jateng Indriyono membeberkan masih terdapat perbukitan sepanjang 1,8 kilometer yang tengah dikebut pengerjaannya. Secara keseluruhan, pengerjaan itu ditarget selesai pada akhir Mei mendatang. “Yang belum rampung 1,8 kilometer. Kita targetkan satu 1 Km rampung bulan April ini. Tinggal 800 meter, mudahmudahan pada pertengahan Mei satu arah yang menuju Salatiga bisa dibeton,” kata Indriyono yang memberikan penjelasan pada Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sri Puryono, kemarin.

Puryono meminta komitmen PT Trans Marga Jateng agar pengerjaan tol tuntas sesuai target. Dengan begitu seksi III Bawen-Salatiga bisa dilalui pemudik dengan lancar. “Kalau tinjauan di Tuntang (Salatiga) sudah oke dan (kendaraan pribadi) sudah bisa lewat. Targetnya Mei ini selesai. Insya Allah Lebaran sudah bisa difungsikan,” jelasnya.

Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Tol Solo-Kertosono Agung Sutarjo menjelaskan, konstruksi sudah mencapai 90 persen. Masih ada titik tanah yang belum tuntas pembebasannya. “Ada titik-titik yang belum selesai, tapi Lebaran nanti bisa dilewati. Konstruksi tetap menggunakan beton sementara. Titiktitik itu belum selesai karena ada lahan yang belum bebas. Lima titik itu di Ngasem di wilayah pintu masuk, Klodran, Ngesrep, Donohudan, dan Sobokerto. Konstruksi tetap menggunakan beton sementara,” lanjutnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) David Wijayanto mengatakan akan mengoperasikan ruas antara Kartasura-Walikukun sepanjang 65 km untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2017. Rencananya, jalan tol akan dibuka searah, yakni ke arah timur untuk arus mudik dan arah sebaliknya saat arus balik dan hanya dioperasikan siang hari antara pukul 06.00-18.00. (H81,H44-67)