Keren! Teknologi Canggih Pemantau Batas Kecepatan Kendaraan di Jalan Tol

Jakarta – Mari kita mengetahui alat canggih untuk mengukur batas kecepatan kendaraan kalian yang sedang melaju dengan cepat, tepat, dan akurat. Alat canggih ini bernama Speed Gun, alat ini digunakan dengan tujuan untuk menjaga batas kecepatan maksimal kendaraaan yang melaju, khususnya di jalan tol.

Tak hanya itu, Speed Gun juga digunakan sebagai salah satu upaya untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kecepatan berkendara yang melebihi batas. Speed Gun secara teknis berfungsi dengan menangkap kecepatan lewat frekuensi dan gelombang suara seperti radar.

Speed Gun sendiri saat ini telah berkembang dengan menggunakan teknologi laser, dengan cara mengukur waktu pergi pulang cahaya untuk mencapai suatu objek dan memantulkan kembali. Alat ini akan lebih tepat dan akurat menangkap kecepatan kendaraan yang melintas.

BPJT Kementerian PUPR bersama seluruh BUJT dan Korps Lalu Lintas Polri juga terus mengkampanyekan aksi keselamatan dalam berkendara di Jalan Tol bertajuk SETUJU (Selamat Sampai Tujuan). Aturan kecepatan berkendara di jalan tol yaitu Minimal 60 Km/jam, Maksimal 80 Km/jam (Dalam Kota), dan 100 Km/jam (Luar Kota).

Speed Gun ini biasanya digunakan pada saat penertiban kendaraan dengan kecepatan di atas rata-rata atau kecepatan berlebih dan juga kapasitas beban yang lebih atau dikenal Over Dimension Over Loading (ODOL) yang terus dijalankan secara rutin ileh setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Pentingnya kesadaran keselamatan bekendara ini juga dilakukan melalui kendaraan yang melebihi kecepatan, bebas kendaraan, dan kualitas kendaraan yang digunakan di Jalan tTol sesuai peraturan

Teknologi kamera pemantau batas kecepatan ini pun banyak digunakan di negara-negara lain dan terbukti menjadi sarana yang efektif menekan pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas. 

Selalu hati-hati lah dalam berkendara.. Utamakan kerselamatan saat berkendara bukan Kecepatan!

Sumber: sispro.co.id