Kemenhub Siap Umumkan Calon Operator Pelabuhan Patimban

Jakarta – Lelang Prakualifikasi pengadaan Operator untuk proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Pelabuhan Patimban yang telah diadakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera ditentukan pemenang nya. Hal tersebut sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita irawati.

Ia menyampaikan lelang operator proyek Pelabuhan Patimban tersebut telah ditutup pada 14 Oktober 2020 lalu dengan terdaftar 10 perusahaan yang turut ikut serta ambil bagian. Namun pada akhirnya hanya 5 peserta yang memasukan dokumen lelang, kelima peserta tersebut terdiri dari 3 perusahaan konsorsium dan 2 perusahaan tunggal.

"Hasil evaluasi dari panitia pengadaan telah disampaikan kepada Dirjen Perhubungan Laut selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk diproses lebih lanjut,"kata Adita

Selanjutnya kelima peserta tersebut dinilai berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditetapkan seperti kemampuan financial, jumlah aset bersih, kepemilikan izin badan usaha pelabuhan, serta pengalaman pengelolaan proyek terminal peti kemas.

"Dari hasil seleksi yang telah dilaksanakan dengan ketat, hanya satu perusahaan konsorsium yang memenuhi semua kriteria yang ditetapkan," ucap Adita.

Adapun peserta lelang yg telah lolos seleksi adalah Konsorsium Patimban yang terdiri dari PT CT-Corp infrastruktur Indonesia, PT Indika Logistic & Support Services, PT U Connectivity Services, serta PT Terminal Petikemas. Hasil ini juga telah sesuai dengan Peraturan Lembaga LKPP Nomor 29/2018 yang menyebutkan bahwa pengadaan badan usaha melalui Skema kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha, proses lelang dapat dilanjutkan meskipun hanya terdapat satu peserta yang lolos prakualifikasi.

Selanjutnya pengumuman hasil evaluasi akan disampaikan melalui surat serta pengumuman yang akan dimuat pada situs Kementerian PUPR.

Sumber: sispro.co.id