Kemenhub Bangun 38 Terminal Bus Baru Tahun 2020

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan akan membangun sebanyak 38 Terminal Bus Tipe A baru di seluruh Indonesia. Dengan fasilitas yang akan di bangun pada terminal ini akan sama seperti yang ada pada Bandara. Hal ini seperti yang disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi.

"Di tahun 2019 saya sudah dibilang Pak Menteri Perhubungan akan merencanakan sekitar 38 terminal (bus) tipe A untuk tahun 2020, Kita terminal tipe A di Indonesia sudah ada sekitar 125. Sebagian besar sudah diserahkan kepada pusat, sebagian besar belum," ujar Budi

Budi menyampaikan, untuk pembangunan dan menyulap terminal bus tipe A tentu disusul oleh beberapa faktor lainnya. Seperti pelayanan, prasarana, serta Sumber Daya Manusia di wilayah terminal tersebut.

"Tapi yang 38 ini menjadi prioritas utama kita di tahun 2020 untuk memperbaiki terminalnya. Apa yang disampaikan Pak Menteri singkat kepada saya, 'Saya minta terminal 2020 sama dengan bandara' tapi kan buntutnya panjang. Di situ ada servisnya, ada prasarananya, ada SDM-nya, ada sistemnya dan lain sebagainya," lanjut Budi.

Diawal pembangunannya nanti, prioritas pengadaan terminal bus tipe A ini akan berada di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) yang dimulai dari Merak hinggal Banyuwangi di Jawa Timur. Kemudian akan dilanjut di luar Pulau yang diantaranya adalah Pare-Pare, Padang  dan Lampung.

"Tahap satu yang prioritas di daerah kabupaten/kota sepanjang Pantura itu akan kita perbaiki. Jadi 38 terminal itu adalah dari mulai Merak sampai dengan Banyuwangi, Di luar Jawa ada Pare-pare, kemudian ada juga di Lampung. Kalau Padang itu termasuk yang mau kita bangun. Kalau yang lain itu perbaikan, karena Padang belum punya terminal tipe A di tanah air," Jelas budi