Jokowi Gencar Bangun Infrastruktur Hingga 2019, Ini Alasannya

08/02/2017

Tidak berkategori

Jakarta - Pemerintah saat ini gencar membangun infrastruktur. Kebijakan ini diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat pembangunan infrastruktur hingga 2019.

Kenapa infrastruktur jadi prioritas pemerintah Presiden Jokowi? 

"Kenapa infrastruktur? Karena itu yang paling ketinggalan. Dan itu bukan sekadar pendorong ekonomi nasional namun dia pengaruhi perkembangan antar-daerah juga," ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, dalam seminar di Pakarti Centre, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2017).

Selain itu, menurut Darmin, pembangunan infrastruktur akan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Karena yang bekerja mereka (masyarakat berpenghasilan rendah) dulu. Walau setelah jadi yang bisa memanfaatkan nya adalah menengah ke atas," kata dia

Pembangun infrastruktur juga merupakan salah satu solusi mengatasi kesenjangan atau ketimpangan antara si kaya dengan si miskin.

"Setelah kami lihat data kenyataannya pembangunan infrastruktur itu, waktu dia dibangun ada hubungannya dengan gini rasio yang menurun. Meski ada yang lain seperti bantuan sosial (bansos). Namun kalau bansos kan bukan barang baru. Jadi membangun infrastruktur dan reformasi kebijakan," tuturnya. (hns/hns)