Jasa Marga Pastikan 3 Ruas Tol Baru Bakal Beroperasi Tahun Ini

22/08/2019

Highway

Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk diinformasikan bakal rampungkan 3 ruas tol baru sampai akhir 2019 nanti, ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Jakarta-Cikampek II (Japek Elevated), Tol Balikpapan-Samarinda, serta Tol Pandaan-Malang seksi 3 dan 4. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Keuangan PT Jasa Marga, Donny Arsal.

"Tol yang akan operasi ada 3, Jakarta-Cikampek elevated, Balikpapan-Samarinda, seksi 4-5 Pandaan-Malang. Kita target akhir tahun selesai,"kata Donny

Untuk jalan Tol Jakarta-Cikampek II, Jasa Marga menargetkan proses konstruksi akan rampung pada akhir September 2019 dan mulai bisa dioperasikan pada akhir tahun 2019. Progres saat ini pengerjaan jalan tol tersebut sudah mencapai 86%.

Kemudian untuk ruas Tol Balikpapan-Samarinda, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tol tersebut terus mengejar pembangunan agar dapat rampung dan beroperasi sesuai dengan target di akhir 2019 nanti. Sampai saat ini, progres konstruksi ruas tol Balikpapan-Samarinda sudah mencapai 96,82% dengan pembebasan lahan sudah mencapai progres 99,33%.

Sementara itu, Jasa Marga juga akan melakukan penetapan tarif untuk ruas Tol Pandaan-Malang seksi I-III yang telah beroperasi sebelumnya. Pemberlakuan tarif ini juga berlaku pada jalan Tol Gempol-Pandaan Tahap II (Pandaan IC-Pandaan) yang merupakan akses menuju jalan tol Pandaan-Malang sepanjang 1,5 km.

Sampai per semester I 2019 ini, Jasa Marga telah mengoperasikan 41,46 km jalan tol baru yang diantaranya adalah Jalan Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi VII (Sei Rampah-Tebing Tinggi) 9,26 km, Tol Pandaan-Malang seksi Pandaan-Singosari sejauh 30,6 km serta Tol Gempol-Pandaan sejauh 1,6 km.