Ini Makna Konstruksi Simpang Susun Semanggi Menurut Djarot

18/07/2017

Tidak berkategori

Jakarta - Simpang Susun Semanggi akan segara dibuka untuk umum pada 29 Juli mendatang. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat membeberkan beberapa makna yang ada di Simpang Susun Semanggi.

Bila dilihat dari atas, Simpang Susun Semanggi memiliki 4 buah kuping. Kuping-kuping tersebut melambangkan empat penjuru mata angin, yaitu barat, timur, utara dan selatan.

"Itu menunjukkan persatuan Indonesia," ujar Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Selain itu, konstruksi-konstruksi pilar Simpang Susun Semanggi juga disebut Djarot memiliki arti. Bila dilihat, lanjut Djarot, konstruksi pilarnya menandakan huruf V. V sendiri memiliki arti victory (kemenangan).

"Maknanya, kalau kita ingin jadi bangsa pemenang, kita harus bersatu. Itu makna menurut saya," ucap Djarot.

Sebelumnya, Djarot menjelaskan arti penting Simpang Susun Semanggi untuk Jakarta. Menurut Djarot, salah satu alasan pembangunan Simpang Susun Semanggi adalah untuk keperluan Asian Games 2018.

"Ingat Simpang Semanggi dibangun Bung Karno pada tahun '61 untuk Asian Games '62. Ini (Simpang Susun Semanggi) kita bangun tahun 2017 dalam rangka Asian Games 2018," ujarnya, Kamis (13/7) lalu.

"Kenapa ada Simpang Susun Semanggi, karena kepadatan lalu lintas di Jakarta ya. Sebenarnya sudah diprediksi di tahun 1961 tapi sekarang nggak bisa lagi menampung Simpang Semanggi," tutupnya. 

 

Sumber: detik.com