Hari ini Presiden Jokowi Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia

08/03/2019

Highway

Jakarta – Pagi ini Presiden Joko Widodo direncanakan akan melakukan peresmian ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 km yang menjadi bagian dari tol Trans Sumatera. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo yang menjelaskan peresmian akan dilaksanakan di Gerbang Tol Natar, Terbanggi Besar dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Insya Allah, betul. Pukul 08.30 WIB akan diresmikan langsung oleh Bapak Presiden RI,” jelas Bintang

Setelah diresmikan nanti, tol ini akan menyandang tol terpanjang di Indonesia yang sebelumnya gelar ini disematkan pada ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang memiliki panjang sejauh 116,75 km. Senada dengan Bintang, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja membenarkan informasi peresmian tol tersebut. Nantinya tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini akan beroperasi penuh namun masih belum dikenakan tarif hingga 1 bulan kedepan

“Beroperasi penuh, tapi akan dibebaskan dulu tarifnya untuk dua minggu atau satu bulan ke depan, sekaligus sebagai masa uji coba untuk masyarakat bisa menikmati ruas tolnya,” imbuh Endra.

Dengan hadirnya ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini akan memotong waktu tempuh lebih cepat 6 jam. Untuk tarif tol yang akan ditetapkan nantinya adalah sebesar Rp 840 per km nya. Tarif ini masih akan disesuaikan dan melalui persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR.

Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar ini merupakan bagian dari 24 ruas Tol Trans Sumatera yang di kelola oleh PT Hutama Karya (Persero) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2015 yang merupakan revisi atas Perpres Nomor 10 Tahun 2014.